Info Terbaru
13 Proyek Baru Kereta Api Selesai Tahun Ini

13 Proyek Baru Kereta Api Selesai Tahun Ini

Sebanyak 13 proyek kereta api siap beroperasi tahun 2018. Menurut  Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, Senin lalu, proyek itu termasuk peresmian pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta dan penandatanganan kontrak Perawatan dan Pengoperasian Prasarana Perkeretaapian Milik Negara.

Proyek ketiga adalah KA Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat sepanjang 26 kilometer, dan keempat adalahJalur Ganda KA lintas Prabumulih- Kertapati, Sumatera Selatan sepanjang sepanjang 85 kilometer. Kedua proyek ini dijadwalkan siap Maret 2018. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengoperasian jalur ganda KA lintas Martapura-Baturaja, Sumatera Selatan sepanjang 32 kilometer di April 2018.

Zulfikri menambahkan memasuki rentang waktu Juni hingga September 2018, untuk pertama kalinya di Indonesia akan dioperasikan dua proyek LRT dalam waktu yang hampir berdekatan tepatnya di bulan Juni 2018, yaitu : LRT Sumatera Selatan sepanjang 23,4 kilometer dan LRT DKI Jakarta (Jakpro) sepanjang 5,8 kilometer.

Proyek lain, untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Sumatera Utara, diresmikan jalur kereta api menuju pelabuhan pada lintas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung sepanjang 21,5 kilometer.

Ada pun di Jabodebek, pada September 2018, untuk mendukung pengoperasian double-double track lintas Manggarai-Cikarang,  dioperasikan lima stasiun baru, yaitu Stasiun Kranji, Stasiun Cakung, Stasiun Klender, Stasiun Klender Baru dan Stasiun Buaran. Selain itu, juga turut dioperasikan Dipo Kereta Api Cipinang.

Sementara di Sulawesi,  dioperasikan jalur kereta api Barru-Palanro sepanjang 44 kilometer. Ini, kata Zulkifri, menjadi momen bersejarah, karena setelah sekian lama, mulai  Oktober 2018 kereta api akan kembali beroperasi di sana. Juga yang akan dioperasikan KA Bandara Adi Soemarmo Solo sepanjang 13,5 kilometer.  Ada pun di Provinsi Banten, pemerintah akan mengoperasikan jalur ganda kereta Maja-Rangkasbitung sepanjang 17 kilometer.

Di Sumatera Utara, juga akan dioperasikan Jalur KA layang (elevated track) lintas Medan-Bandar Khalifah sepanjang 10 kilometer dan pengoperasian jalur kereta lintas Binjai-Besitang sepanjang 80 kilometer.

Menurut Zulkifri seluruh jajaran Ditjen Perkeretaapian kini bekerja keras merealisasikan pengoperasian berbagai proyek perkeretaapian sesuai dengan target yang direncanakan. Menurut dia, pagu Anggaran Ditjen Perkeretaapian sebesar Rp 17,7 triliun akan digunakan secara maksimal untuk merealisasikan proyek-proyek itu,.. (Ris)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*