Info Terbaru
Opini Tak Perlu Hentikan Operasional Commuterline

Opini Tak Perlu Hentikan Operasional Commuterline

Oleh: Chandra A –

Sikap pemerintah yang menolak permintaan kepala daerah agar kereta commuterline tak beroperasi sudah tepat. Pemerintah sadar bahwa jika operasional kereta dihentikan dampaknya akan sangat berat bagi rakyat kecil. Karena itu opsi yang dipilih, tetap beroperasi tapi dengan pengetatan penumpang sesuai protokol PSBB.

Cara pasang iklan di kereta : Cara Pasang iklan di Kereta Commuterline

Sebelumnya sejumlah kepala daerah memintah Pemerintah untuk  menghentikan operasional KRL. Alasan utama adalah untuk mencegah penularan virus Covid 19. Alasan yang masuk akal mengingat  kereta adalah moda angkutang yang selama ini sangat padat isinya –para penumpang dari berbagai wilayah seputar Jabodetabek. Permintaan itu misalnya datang dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Jawa Barat merupakan daerah kedua terbanyak warganya terkenal virus Corona.

Bayangkan jika itu adalah para perawat atau pekerja yang tetap bekerja di masa PSBB ini

Pemerintah memiliki alasan utama perihal dipilihnya opsi KRL tetap jalan. Selain karena kereta dibutuhkan masyarakat,  Kementerian Perhubungan telah menetapkan sejumlah aturan terhadap penumpang yang akan menggunakan moda ini. Yakni: diperiksa suhu tubuhnya lebih dulu, pembatasan jumlah penumpang dalam sebuah gerbong dan tersedianya air pembasmi kuman di seluruh stasiun.

Cara membuat novel: Cara Membuat Novel dan contohnya

Pemerintah sudah bijak tidak menghentikan operasional KRL. Selama pandemi Corona, jumlah penumpang KRL turun hingga tinggal sekitar 30 persen atau sekitar 300 ribu dari rata-rata satu juta setiap hari. Dari jumlah ini kepadatan penumpang sudah jauh berkurang.

Kereta commuterline juga andalan bagi warga, terutama kelas bawah,  dalam melakukan perjalanan ke tempat kerja mereka. Menghentikan kereta akan membuat mereka mengeluarkan ongkos untuk moda angkutan lain. Bayangkan jika itu adalah para perawat atau pekerja yang tetap bekerja di masa PSBB ini –seperti satpam.  Tentu mereka sangat menderita bila commuterline dihentikan.

Masyarakat harus bijak menyikap hal ini. Mereka yang tidak berkepentingan tetap tidak usah bepergian naik kereta, stay at home, biarlah yang naik kereta mereka yang benar-benar membutuhkan. []

Cara menulis opini yang baik: Teknik Menulis Opini yang Baik dan Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates