Info Terbaru
Kenapa Ada Ancaman untuk Penumpang Gaduh di Kereta?

Kenapa Ada Ancaman untuk Penumpang Gaduh di Kereta?

COMMUTERLINE – Sejak dua pekan terakhir PT Kereta Api mengeluarkan pengumuman di seluruh kereta commuterline  bagi mereka yang melakukan keributan di kereta. Dalam pengumuman yang disiarkan berkali-kali itu, diberitahukan kepada penumpang bahwa petugas keamanan kereta tidak segan-segan akan menurunkan penumpang yang membuat keributan. Bahkan tidak hanya diturunkan, penumpang yang membuat ribut tersebut akan dikeluarkan dari areal stasiun.

Pengumuman yang tidak main-main, menakutkan.

Dari penelusuran commuterline, pangkal pengumuman itu ternyata diduga dari adanya keributan awal bulan ini di gerbong perempuan. Kejadian itu melibatkan dua kelompok “emak-emak” yang ribut, saling maki, dan pukul sepanjang perjalanan. “Kalau tidak salah dari Stasiun Lenteng Agung,” kata Kaka, penumpang yang menyaksikan keributan itu. “Mereka maki-maki dengan kata-kata kasar, semua isi kebun binatang keluar, memalukan,” ujarnya lagi.

Menurut dua, dua kelompok ini mungkin awalnya saling senggolan. “Atau berebut kursi, nggak jelas,” katanya. Keributan tersebut sempat dilerai penumpang, tapi kemudian muncul lagi. “Teriak-teriak lagi,” katanya.  Menurut Kaka, petugas yang dipanggil penumpang sudah datang, tapi keributan itu tidak bisa diatasi. “Benar-benar keras kepala,” ujarnya. Dua kelompok perempuan itu juga tidak peduli dengan teriakan penumpang lain yang meminta mereka menghentikan pertengkaran itu.

Cara pasang iklan di kereta commuterline: Cara pasang iklan di kereta commuterline murah efektif

Penumpang lain, Suny, bercerita, petugas yang kewalahan, akhirnya meminta bantuan petugas keamanan di Stasiun Manggarai. Sejumlah petugas kemudian naik, menarik kedua kelompok perempuan itu dan mengancam akan menurunkan mereka di Stasiun Manggarai jika terus bertengkar. “Baru setelah itu reda,” kata Suny. “Tapi bayangkan berapa lama mereka bertengkar dan mengganggu penumpang lain,” ujarnya.

Kalau mau pasang iklan di bilboard: Cara pasang iklan di billboard Jakarta, Bekasi, Bogor

Commuterline menghubungi sejumlah petugas di Manggarai untuk mengkonfirmasi peristiwa ini. Mereka membenarkan. Saat ditanya apakah karena kasus ini kemudian keluar pengumuman, petugas yang tak mau disebutkan namanya itu hanya menjawab, “Mungkin ia.”

Cara menulis opini yang baik: Begini cara menulis opini

Pertengkaran para ibu di gerbong wanita bukan baru pertama terjadi. Hanya selama ini petugas yang berjaga, cenderung tidak tegas, sungkan. “Lebih baik petugas keamanan perempuan yang tegas ditaruh di situ,” kata Suny.

Munculnya pengumuman itu sendiri mendapat sorotan sejumlah penumpang. Menurut Subari, penumpang asal Bojonggede. Bogor, pengumuman seperti ini sebaiknya juga ditempelkan besar-besar di stasiun. “Tidak perlu berkali-kali diumumkan di dalam kereta, berisik. Intinya kalau ada keributan, turunkan saja,” katanya. (krus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates