Info Terbaru
Mengeluh Toilet di Stasiun Manggarai dan Stasiun Sudirman
Stasiun Sudirman

Mengeluh Toilet di Stasiun Manggarai dan Stasiun Sudirman

SELAMA sepekan terakhir redaksi commuterline mendapat sejumlah masukan dari para penumpang kereta perihal keberadaan toilet di Stasiun Manggarai dan Stasiun Sudirman. Stasiun Manggarai merupakan stasiun perlintasan yang padat penumpang dan Stasiun Sudirman stasiun  dari sisi penumpang,  kebanyakan para karyawan yang bekerja di seputar jalan Jenderal Sudirman dan Jalan  Thamrin.

Semuanya mengeluh perihal letak toilet. “Toilet di Stasiun Manggarai jauh sekali, bayangkan jika kita berada di jalur enam dan tiba-tiba ingin buang air kecil, harus jalan jauh ke ujung atau lewat terowongan yang juga tidak dekat,” ujar Sinaroh, perempuan asal Depok, 56 tahun. Ada pun Kartadi, warga Pasar Minggu mengeluhkan letak toilet di Stasiun Sudirman yang hanya, seperti Manggarai, di ujung arah Manggarai. “Harus berjalan jauh, dan jika peron penuh, jalan ke sana sulit sekali, misalnya pukul 18.00 saat stasiun Sudirman penuh, “ujarnya.

Situs Commuterline juga beberapa kali memuat surat pembaca yang mengeluhkan jauhnya keberadaan toilet di dua stasiun itu. Letak toilet di Stasiun Manggarai berada di ujung, terpencil, di dekat barak-barak, termasuk kantor pengamanan stasiun. Hanya itu dan memang jauh. Mereka yang sedang menunggu kereta di jalur delapan arah Bogor dan tiba-tiba ingin buang air kecil, misalnya, akan setengah mati atau harus susah payah berjalan ke toilet. Jika itu orang tua maka bisa dibayangkan sudah payahnya. “Kalau saya tiba-tiba ingin kencing, saya tahan saja, piliha di turun di Stasiun Tebet, lalu naik kereta lagi,” kata Surti, sambil tertawa.”Daripada capek jalan ke sana,” ujarnya.

Menurut Kartadi, semestinya toilet di Stasiun Sudirman ada dua. Ujung selatan dan ujung utara. Dengan demikian penumpang arah mana pun tidak sulit menjangkau. “Ini hal mudah yang mestinya bisa langsung dikerjakan. Beda dengan Stasiun Gondangdia yang toiletnya di dalam stasiun, tidak masalah,” ujarnya. “Stasiun Manggarai toiletnya harus diperbanyak,” ujarnya.

Beberapa waktu silam media Commuterline sudah menyampaikan perihal keluhan penumpang soal toilet ini ke sejumlah pejabat PT KAI, tapi masih belum ada perbaikan. “Belum ada tanda-tanda dan saya belum dengar ada penambahan toiket,”ujar seorang petugas satpam yang berjaga di dekat toilet Stasiun Sudirman. Jadi, para penumpang kereta, bersabarlah. (kur)

Cara pasang iklan di kereta commuterline menurut PT KAI: Cara efektif pasang iklan di kereta Commuterline

Makanan fried chicken sehat murah untuk berbagai acara: Fried Chicken enak dan murah di Bogor

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates