Info Terbaru
Petugas Kereta Tak Mendidik

Petugas Kereta Tak Mendidik

Oleh: Chandra – 

PETUGAS  keamanan dalam kereta semestinya memberi pendidikan kepada penumpang. Jangan khawatir jika penumpang melawan, toh ia dalam posisi yang benar. Ia di sini tentu sang petugas.

Misalnya, soal kursi prioritas. Petugas mesti berani mengusir yang tak berhak duduk, sekali pun ia perempuan. Kursi itu jelas untuk orang tertentu dan bukan untuk perempuan, kecuali tua dan hamil atau membawa anak-anak.

Demikian juga jika ada perempuan yang masuk kereta. Jika memang ia perlu kursi prioritas arahkan ke kursi prioritas, bukan asal ada kursi dan yang duduk di situ disuruh berdiri. Itu tidak mendidik.  Kecuali jika kursi prioritas penuh.

Dalam banyak kasus, penumpang wanita yang memerlukan duduk di kursi prioritas kecewa karea kursinya telah diduduki wanita. Wanita muda tapi ia tidak berani menegurnya. Padahal, semestinya itu haknya. Maka, semestinya, petugas atau penumpang memperingatkan perempuan muda itu.

Kita memang perlu banyak belajar untuk memahami hak orang. Kita bisa melihat bagaimana kata “terimakasih” pun demikian langka diucapkan jika ada orang memberikan tempat duduknya kepada orang. Padahail, mungkin ia masih memerlukan, capek. Aneh, kita orang timur, beragama, tapi mengucapkan terimakasih pun kadang tak mau. Lihatlah di dalam kereta, kita bisa melihat bagaimana mereka yang diberi tempat duduk, kadang-kadang langsung menyergah duduk, tak memberi ucapan terimakasih walau pun itu sekadar basa-basi.

Banyak hal harus kita tegakkan agar kita nyaman dan menjadi “manusia” yang memahami manusia lain di dalam kereta.

Dan sekali lagi,

Petugas keamanan mesti rajin melihat hal yang tak benar.  Mereka memiliki wewenang agar penumpang kereta nyaman. []

Begini ternyata cara pasang iklan dalam kereta: Cara Pasang iklan dalam Kereta Commuterline

Kalay yang ini cara pasang iklan bilboard : Cara Pasang iklan di Billboard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates