Info Terbaru
Hahaha, Kereta Commuterline Premium Batal

Hahaha, Kereta Commuterline Premium Batal

PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) membatalkan rencana pengoperasian KRL Premium. Vice President Komunikasi PT KCI, Eva Chairunisa, dalam press releasenya menyatakan pembatalan dilakukan setelah mendengar banyak masukan dari berbagai kalangan. “PT KCI menunda rencana pengoperasian KRL premium hingga batas waktu yang belum ditentukan,” tulis Eva.

Pasang iklan di kereta Commuterline? Klik Pasang iklan di Kereta Commuterline

Sebelumnya PT KCI berencana melakukanuji coba kereta ini pada pertengahan 2019.

Baca: Kereta Commuterline Premium akan Beroperasi

Banyak yang menyambut penghentian rencana kereta premium ini dengan memuji PT KCI. “Itu tindakan benar, putusan yang masuk akal,” kata Hersinus, warga Depok. Menurut Hersinus kereta premium ini justru bisa mengganggu operasional kereta yang selama ini sudah ada. “Karena pasti ,kereta premium akan banyak keistimewaan,” katanya.

Jauh sebelumnya, di Jabodetabek juga pernah terjadi “pengkastaan” kereta dengan adanya Kereta Pakuan Jakarta-Bogor yang memiliki harga karcis lebih mahal. Dalam praktiknya kereta ini pun sarat dengan unsur korup dalam operasionalnya. Penumpang, misalnya, bisa bayar di atas dengan harga miring, bahkan kereta bisa dihentikan di stasiun yang seharusnya tidak boleh berhenti. “Saya dulu sering melihat kereta itu berhenti di Stasiun Bojonggede dan penumpang turun dari depan. Semua tahu, penumpang bisa bayar di atas,” kata Kusnaini, warga Bogor.

Belakangan kereta ini dihapus dan DPR meminta harga dan jenis kereta semua sama di seluruh  Jabodetabek. Maka, lahirnya: kereta Commuterline yang kini harga karcisnye berbasis jarak.

Baca Kompas Beda Asyiknya LRT dan Asyiknya Commuterline

Lalu, kenapa ada kereta premium? Tak ada penjelasan resmi dari PT KCI kenapa kereta demikian harus ada. Namun, sebuah sumber menyebut, ini karena diyakini akan mendatangkan keuntungan bisnis untuk PT KAI. “Penumpang yang ingin naik kereta dengan fasilitas yang lebih dibanding commuterline biasa, sangat banyak. Mereka ingin mendapat kepastian tempat  duduk, kenyamanan, juga kecepatan,” ujar sumber ini.

Selama ini, hal demikian memang tak ada di Commuterline biasa. Kereta commuterline adalah kereta rakyat yang hanya ber AC. Tak ada kepastian penumpang bisa duduk nyaman sampai tempat tujuan karena, bisa disetiap saat, dicolek petugas, misalnya, dengan sapaan, “Maaf Mbak, ada orang hamil mau duduk.” (Chandra)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates