Info Terbaru
Tralala…Jalur Ganda Rangkas-Bitung- Maja Selesa. Tapi, Jangan Gembira Dulu

Tralala…Jalur Ganda Rangkas-Bitung- Maja Selesa. Tapi, Jangan Gembira Dulu

Jalur ganda kereta Tanah Abang-Rangkas Bitung sempurna sudah. Bulan ini jalur ganda itu sampai Stasiun Citeras yang menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, selesai bulan.”Tinggal stasiun itu yang segera dibenahi, sistem elektrikalnya,” kata Budi. Jalur ganda akhir ini, meliputi jalur dari Stasiun Rangkas sampai Stasiun Maja.

Dengan selesainya jalur itu maka setiap hari frekuensi kereta naik dari 32 menjadi 64 kereta per hari. Jalur Rangkas Bitung-Maja panjangnya sekitar 17 kilometer.

Secara keseluruhan tahun ini ada enam stasiun kereta yang dibenahi sistem elektrikalnya yang vital untuk mengatur perjalanan kereta commuter. Stasiun tersebut adalah, Stasiun Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung,  Kranji, dan Citeras. Modernisasi stasiun itu merupakan proyek Direktorat Jenderal Perkeretapian.

Tanahabang-Rangkas Bitung kini merupakan jalur ramai, khususnya Tanahabang-Serpong.  Peningkatan itu karena semakin banyaknya perumahan yang muncul di daerah sepanjang jalur ini, termasuk  di BSD. Para pekerja klas menengah memilih naik kereta dan menitipkan kendaraan mereka di stasiun.

Kendati sudah menjadi ganda, tapi menurut Dirut PT Kereta Commuterline Indonesia, Wiwik Widayanti, tidak semua kereta langsung dari Rangkasbitung meluncur ke Tanahabang. Kereta akan berhenti di Parung Panjang karena jalur di stasiun Tanahabang terbatas. “Jalur stasiun Tanah Abang jalur favorit,” katanya.

Penambahan kereta baru akan dilakukan Januari 2019. Jumlah gerbong juga akan ditingkatkan dari 10 menjadi 12. (Can).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates