Info Terbaru
Cara Naik Transcommuter Pakai KMT Commuterline

Cara Naik Transcommuter Pakai KMT Commuterline

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) bersinergi agar penggunaan kartu multi-trip (KMT) bisa untuk transportasi selain commuter line atau KRL.

Sebelumnya, KMT hanya bisa digunakan untuk mengakses KRL. Namun, berkat sinergi tersebut, KMT bakal menjadi alat pembayaran tiket bus transcommuter yang disediakan. “Sinergi KCI dan Perum PPD ini akan memberikan pelayanan dan kemudahan serta nilai lebih bagi pengguna jasa KRL. Ini juga menjadi sejarah bagi kami karena untuk pertama kalinya KMT dapat digunakan sebagai alat bayar di luar ekosistem KCI sendiri,” ucap Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCI Subakir.

Layanan transcommuter ini disebutnya mampu memberikan kemudahan bagi penumpang kereta jarak jauh yang berhenti di Stasiun Gambir untuk berpindah ke kereta bandara yang ada di Stasiun Sudirman Baru. Pada masa awal pengoperasiannya ini, PPD menyiapkan dua rute, yakni Stasiun Sudirman Lama-Stasiun Gambir dan Stasiun Sudirman Lama-Terminal Blok M.

Adapun mekanisme menaiki transcommuter tersebut yakni penumpang melakukan tap KMT pada reader yang tersedia di dalam bus dan otomatis saldo akan terpotong. “Pengguna KRL commuter line yang tiba di Stasiun Sudirman dapat langsung berganti moda ke bus PPD menuju Gambir atau Blok M di titik penjemputan (pick-up point) yang telah tersedia di pintu keluar stasiun arah Jalan Blora,” ungkap Direktur Utama PPD Putu Pance Yasa.

Harga yang mesti dibayar penumpang untuk menaiki bus transcommuter sebesar Rp 5.000 sekali perjalanan. “Bagi pengguna yang tidak memiliki KMT atau saldonya kurang, dapat membell KMT Edisi Khusus ‘Ayo Naik Transportasi Umum, Biar Gak Macet’ dengan harga Rp 35.000, sudah termasuk saldo Rp 15.000 yang dijual  petugas di dalam bus PPD,” ujar Putu.

Masa sosialisasi transcommuter telah selesai pada 12 April 2018, Armada transcommuter dari PPD beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 22.00 dengan waktu keberangkatan tiap 30 menit sekali. (Kompas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates