Info Terbaru
Pekerja Kereta Prancis Mogok Tiga Bulan
Penumpa Kereta di Prancis

Pekerja Kereta Prancis Mogok Tiga Bulan

Pemogokan Serikat Pekerja Kereta Api Prancis yang terjadi sejak Selasa lalu membuat kacau balau transportasi kereta Prancis. Sekitar 4,5 juta pengguna kereta bingung karena selama ini kereta-lah yang menjadi tumpuan mereka untuk pergi dan pulang kerja.

Para pekerja perusahaan kereta api nasional Prancis (SCNF) mogok sebagai protes atas rencana Pemerintah Prancis mencabut status khusus pada mereka, yakni karyawan seumur hidup. Status ini dulu diberikan pemerintah karena menilai kereta adalah merupakan hal penting bagi ekonomi negara. Pemogokan menybabab hanya 12 persen kereta SCNF beroperasi dan mengganggu pula layanan transportasi kereta antarnegara, termasuk Prancis-Jeman.

Pemogokan direncanakan berlangsung sampai tiga bulan ke depan.

Pemerintah Prancis sudah menegaskan status khusus hanya untuk pegawai baru adapun yang lama tetap tak dicabut.

Reformasi terhadap status ini dilakukan sejalan dengan rencana Pemerintah Prancis untuk memperbaiki keuangan SCNF.  Perusahaan kereta negara ini dianggap makin tertinggal bisnisnya dengan perusahaan serupa negate tetangga, apalagi swasta. Utang SCNF kini juga lebih dari 50 miliar dollar AS.  Menurut juru bicara partai  Pemerintahan Presiden Emmanuel Macron, Gabriel Attal, biaya operasional SCNF juga lebih tinggi 30 persen dibanding negara Eropa lain.

Pemogokan yang dilakukan pekerja kereta di Prancis bukanlah hal pertama. Pemogokan itu sendiri dijamin undang-undang. Para pekerja menyebut melambungnya utana SCNF karena kesalahan presiden sebelumnya, Francois Hollande. (tang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates