Info Terbaru

Hore, Kereta Bandara Beroperasi Mulai 1 Desember

Dunia perkeretapian Indonesia akan memasuki babak baru. Mulai 1 Desember ini akan beroperasi Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang menghubungkan bandara terbesar di Indonesia itu dengan sejumlah stasiun kereta api di Ibu Kota. Peresmian kereta ini akan dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Kemarin Menteri BUMN, Rini Soemarno menjajal kereta yang interiornya sangat nyaman itu. Menteri datang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan menuju Stasiun Bandara menggunakan kereta Layang (sky train) bersama antara lain Direkrur Utama Waskita Karya M. Choliq, Dirut Angkasa Pura II Awaluddin, Dirut Adhi Karya Budi Harto, dan Dirut PT Railink Heru Kuswanto.

Kendati puas atas pembangunan itu, Rini meminta prasarana dalam stasiun, seperti jembatan connecting bridge dan shelter integrated building bisa dipercepat. Rini juga sempat mencoba mencoba alat pembayaran tiket kereta. Dari sini Rini kemudian naik kereta Bandara menuju Stasiun Sudirman Baru.

Waktu tempuh antara Bandara Soekarno-Hatta hingga Stasiun Manggarai, tempat kereta ini “bertengger” terakhir, sekitar satu jam. Direktur Utama PT Railink, yang mengoperasikan kereta ini, Heru Kuswanto menyatakan, uji kereta hingga terakhir, waktu tempuhnya berkisar kurang dari satu jam. “Sekitar limapuluhan menit,” katanya.
Saat uji coba Selasa kemarin, kecepatan kereta memang melambat setelah melewati Stasiun Ceper. Baru setelah meninggalkan Stasiun Duri, kereta bisa bergerak di atas kecepatan 60 kilometer per jam.

Fasilitas kereta Bandara cukup komplet. Ber AC dan ada pengisi daya ponsel (charging port). Ada pun toilet dipisahkan antara penumpang pria dan wanita. Setiap gerbong kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Untuk tahap awal akan ada 10 rangkaian KA Bandara Soekarno-Hatta dengan 82 perjalanan. Satu rangkaian terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Ada pun tiketnya sekali perjalanan Rp 100 ribu. Tapi, selama Desember, ada korting -karena masa uji coba-  menjadi Rp 30 ribu. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates