Info Terbaru
Apa Kabar Kereta KfW?

Apa Kabar Kereta KfW?

Belasan kereta tipe i9000 atau KfW yang oleh PT KAI diminta diperbaiki kini memasuki uji coba. Semua jendela akan diganti dengan kaca antipecah.

Kabar terakhir menyebut dua unit dari sekitar 36 uni  kereta KfW ini sudah menjalani uji coba setelah dilakukan perbaikan oleh PT INKA. Menurut Direktur PT KCJ (KAI Commuterline Jabodetabek) Tri Handoyo, setelah urusan mesin dan teknis lain selesai, akan ada pergantian jendela,  dan kemudian proses administrasi oleh PT KAI sebelum dioperasikan kembali. Uji coba dilakukan oleh Direktorat Perhubungan dan disaksikan oleh PT KAI.

Bagi Anda yang lupa, sekadar mengingatkan, kereta KfW adalah kereta commuterline berwarna kuning yang pernah dioperasikan PT KCJ.  Kereta ini hasil kolaborasi antara PT INKA dan sebuah perusahaan keuangan Jerman. Sebelumnya ada 36 unit kereta ini yang beroperasi. Tapi sejak tiga bulan silam ditarik karena ternyata ada kesalahan teknik dalam kereta itu, yakni sistem perapiannya, yang dianggap membahayakan penumpang.

Sebelumnya sejumlah kereta ini pernah mengalami kebakaran. Seringnya terjadi kebakaran itu memaksa PT KAI meminta PT INKA memeriksa kereta itu. Hasilnya, ada kesalahan yang ujung-ujungnya membuat PT INKA menarik semua kereta yang sudah beroperasi itu.

Tak hanya sistem perapian, jendela kaca kereta jenis KfW ini juga terbuat dari kaca biasa yang rentan pecah. Ini berbeda dengan kereta buatan Jepang yang selama ini beroperasi. “Saya pernah naik kereta itu jurusan Tanahabang-Serpong, kereta itu dilempar dan kacanya pecah,” kata Aji, pegawai swasta yang bekerja di Kebayoran Baru. Karena dipandang tak aman PT KAI meminta semua jendela kereta KfW diganti kaca antipecah.

Kendati sudah dalam tahap selesai, belum jelas kapan kereta itu beroperasi. Menurut seorang pejabat PT KAI, kemungkinan paling cepat adalan bulan Januari 2015. Untuk tahap pertama, kereta akan dioperasikan sebagai kereta penghubungan antara Stasiun Manggarai dan Tanahabang. Sejumlah kereta itu kini diperbaiki di pabrik milik INKA di Madiun. (kis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates